Draf Kompetensi Dasar - Silabus Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis
Kurikulum 2013 Revisi 2017
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami
layout dan komposisi
|
4.1
Membuat
layout dan komposisi
|
5
|
TIK.MM01.004.01 Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
KKNI
|
3.2
Memahami
fungsi dan format warna
|
4.2
Menempatkan
berbagai fungsi dan format warna
|
5
|
||
3.3
Menerapkan
prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan
desain grafis
|
4.3
Menggunakan
prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan
desain grafis
|
5
|
||
3.4
Memahami
format gambar
|
4.4
Mengimplementasikan
format gambar
|
2
|
TIK.MM02.032.01 Membuat, memanipulasi,
dan menggabung gambar 2D
|
KKNI
|
3.5
Menerapkan
prosesedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
4.5
Melakukan
proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam
desain
|
3
|
||
3.6
Menerapkan
perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
|
4.6
Menggunakan
perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor
|
15
|
TIK.MM02.053.01 Membuat dan
memanipulasi gambar-gambar digital
|
KKNI
|
3.7
Menerapkan
fitur efek pada gambar berbasis vektor
|
4.7
Menggunakan
fitur efek pada gambar berbasis vektor
|
20
|
||
3.8
Menerapkan
desain berbasis vektor
|
4.8
Membuat
desain berbasis vektor
|
35
|
||
3.9
Menerapkan
perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
|
4.9
Menggunakan
perangkat lunak pengolah gambar berbasis bitmap
|
15
|
||
3.10
Menerapkan
fitur efek pada gambar berbasis bitmap
|
4.10
Menggunakan
fitur efek pada gambar berbasis bitmap
|
20
|
||
3.11
Menerapkan
desain berbasis bitmap dan vektor
|
4.11
Membuat
desain berbasis bitmap dan vektor
|
25
|
||
3.12
Mengevaluasi
desain berbasis vektor dan bitmap
|
4.1
Membuat
laporan
|
30
|
||
Jumlah Total
Jam
|
180
|
jam
|